Ahad, 20 November 2011

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

A. Pengertian kegelisahan
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya selalu merasa khawatir , tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hari maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu gejala tingkah laku atau gerak gerik tersebut lain dari biasanya misalnya berjalan mondar mandir dalam ruangan tertentu sambil menundukkannya kepalanya memandang jauh kedepan sambil mengeoalkan tangannya duduk termenung sambil memegang kepalanya duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicara dan lain-lain.
Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari keemasan karena itu dalam kehidupn sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan kekhawatiran ataupun ketakutan definisi dapat disebutkan, bahwa seseornng mengalami frustasi karena yang dingainkannya tidak tercapai.


B. tiga macam kecemasan yang menimpa mansusia yaitu kecemasan kenyataan (objektid) kecemasan neurotic dan kecemasan moril
a. Kecemasaan Objektif
Kecemasan tentang kenyataaan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang mengancam untuk mencelakakannya pengalaman bahaya mewarisi kecenderungannya untuk menjadi takut kalau berada dekat benda-benda tertentu atau keadaan tertentu di lingkungannya.
For ex jikaseorang wanita yang pernah trauma dengan kecoa, maka dia akan cenderung takut jika melihat kecoa. Namun ada orang dengan reaksi membalik. Karena ia mendendam maka berusaha selalu untuk ganti berbuat kejam sebagai pelampiasannya. Misalnya seperti yang ada di Film Forbidden Party, a.k.a Invitation only.
b. Kecemasan Nerotis (Syaraf)
Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya yang naluriah. menurut Sugmund Freud kecemasan ini dibagi menjadi tiga macam.
Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan kecemasan timbul karena orang itu takut akan bayangannya sendiri atau takut akan diri nya sendiri, sehingga menekan dan menguasai ego. Kecemasan semacam ini menjadi sifat dari seorang yang gelusan , yang selalu mengira bahwa sesuatu yang hebat terjaid.
c. Kecemasaan Moril
Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antara lain: iri, benci dendam dengki dan marah gelisah cinta dan rasa kurang percaya diri.
Misalnya seseorang yang merasa dirinya kurang canntik maka dalam pergaulannya ia terbatas kalau tidak tersisihkan sementara itu ia pun tidak berprestasi dalam berbagai kegiatan segingga kawan-kawannya lebih diniliai sebagai lawan. Ketidak mampuannya menimbulakan kecemasan moril.
C. Sebab-sebab Seseorang Gelisah
Sebab-sebab seseorang merasa kegelisahan adalah karena orang tersebut takut kehilangan hak-haknya, misalnya hak hidup, hak milik, hak memperoleh kemerdekaan, hak memperoleh perlindungan, dan sebagainya.

D. Usaha Mengatasi Kegelisahan
Dalam mengatasi kegelisahan harus dimulai oleh diri kita sendiri, yaitu dengan bersikap tenang. Jika kita dapat bersikap tenang kita dapat berpikir tenang juga, maka segala kesulitan dapat diatasi.

E. Keterasingan
Keterasingan berasal dari kata asing. Kata asing artinya sendiri, tidak dikenal orang, sehingga terasing artinya tersisihkan dari pergaulan, terpencil, atau terpisahkan dari yang lain. Jadi arti dari kata Keterasingan yaitu hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan atau terpisahkan dari yang lain.
Keterasingan merupakan bagian dari hidup manusia, sebentar atau lama orang pernah hidup dalam keterasingan dengan sebab dan kadar yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Sebab seseorang merasakan keterasingan yaitu prilaku yang tidak dapat diterima atau dibenarkan oleh masyarakat, kekurangan yang ada pada diri seseorang sehingga ia sulit menyesuaikan diri dengan masyarakat.

F. Kesepian
Kesepian berarti sunyi, lenggang, atau tidak berteman. Kesepian merupakan salah satu bagian dari hidup manusia. Lama rasa sepi itu tergantung dari mental seseorang dan kasus penyebabnya.

G. 3 macam-macam penyebab terjadinya kesepianAda beberapa hal penyebab kesepian yaitu frustrasi, sombong, angkuh, minder, merasa dirinya kurang berharga, dan sebagainya.

H. Ketidakpastian
Ketidak pastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadan tanpa arah yang jelas. Itu semua akibat dari pikiran yang tidak konsentrasi dan ketidak konsentrasian terjadi karena pikiran yang kacau.

I. Sebab-sebab ketidak pastian yaitu
1. Obsesi
2. Kompulasi
3. Phobia
4. Histeria
5. Delusi
6. Halusinasi
7. Keadaan Emosi

Keadaan diatas merupakan sebab-sebab dari ketidak pastian, namun dalam usaha untuk menyembuhkan rasa ketidak pastian harus tergantung oleh mental si penderita. Walaupun penyebabny diketahui namun bukan berarti hal tersebut dapat disembuhkan. Bila hal tersebut terjadi maka hal yang baik bagi si penderita yaitu pergi ke psikolog.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

waktu kecil

waktu kecil

Anda juga boleh merasai :-)